Start Menuju Desa Budaya Lekaq Kidau




lekaq Kidau merupakan desa yang terletak di Kec. Sebulu di Kab. Kutai Kartanegara. Desa ini bersebelahan dengan Desa Selerong Kecamatan Senoni. Lekaq Kidau dihuni oleh suku Dayak Kenyah.Pagi itu Hari Sabtu 28 Februari 2015 tepat jam 06.00 Wita.

Kemilau asa di ufuk timur
menjanjikan sejuta keinginan
semula titik langkah perlahan
menjadikan bumi semaian harapan

Adapun rute yang di tempuh melalui jalan AM,Sangaji ,simpang Pasar Mangkurawang hingga ke arah menuju desa Rapak lambur .Perjalanan mulai dari Tenggarong   sampai  desa Rapak Lambur sudah di semenisasi sehingga perjalanan bisa santai dan bisa sambil menikamati cuaca pagi di sepanjang perjalanan.Namun setelah simpang jalan desa  rapak lambur panitia mulai ekstra melakukan pengawasan terhadap peserta di karenakan jalan mulai berbatu dan tanah liat yang masih basah sisa hujan kemarin membuat jalansn licin.ada sebagain peserta perempuan yang tidak mampu di gantikan oleh peserta laki - laki.jalan berbatu dan berlubang seakan tak menyurutkan para peserta jejak Budaya untuk terus menarik gas motornya.ketika memasuki desa harapan baru debu - debu mulai beterbangan ,di satu sisi kita semua di hadapkan pada sebuah kenyataan bahwa kehidupan desa di sana tidak sesuai dengan Alam sektitar mereka rusak akibat pertambangan,eks purasahaan tambang yang pernah beroperasi di sana akan meninggalkan cerita.



Jalanan yang mulai berdbu 

mobil panitia beserta tim dokumentasi 

sebagian peserta jejak budaya menggunakan roda 4 

Ambulance Bantuan dari Dinas Kesehatan Tenggarong



























































































setalah melakukan perjalan melewati jalan yang berbatu dan berlubang pada jam 08.15 wita  peserta Jejak Budaya Sampai di Penyebarangan desa sanggulan,untuk selanjutnya perjalanan dilanjukan dengan penyebrangan menggunakan fery meyeberangi sungai mahakam .

desa Sanggulan 



Posting Komentar

0 Komentar